Page

sierra.isme

sierra.isme
a woman with hijab and freaky nice habit

Tuesday, November 30, 2010

guyon

30 Oktober 2010

Saya tegaskan untuk diri saya sendiri bahwa perilaku saya tidak perlu dirubah hanya saja perlu diperbaiki (behavioural). Sikap (attitude) saya yang butuh dirubah, bukan menjadi sikap yang dibuat-buat tapi disesuaikan dengan keadaan.
Sikap adalah bagaimana saya harus berlaku sedangkan perilaku adalah karakter yang (kata orang) ada karakter dasar dan karakter sosial.
Mereka saling membangun, sikap mencakup perilaku, maka jika sikap dirubah maka itu perilaku akan mengikuti. Maka dari itu sikap bukan dirubah secara mutlak tapi disesuaikan sesuai tuntutan atau tantangan zaman.
Perilaku adalah karakter yang timbul ketika kita sedang berinteraksi dengan apapun, bahkan dengan diri kita sendiri.
Karakter yang timbul ketika berinteraksi dengan khalayak sosial lebih dapat disebut sebagai karakter sosial, karakter yang muncul untuk menetralkan kita diantara sosial yang kita hadapi. Sedangkan karakter dasar adalah karakter yang muncul disaat kapanpun kita berada. Dalam artian, ketika kita dituntut sebagai pribadi, karakter itu keluar. Ketika kita diminta untuk mengemukakan pendapat, melakukan inovasi, menggapai tujuan, bertanggung jawab akan sesuatu, dan segala hal lain yang lebih dominan kepada aktualisasi diri.

Sebagai contoh:
Ketika seseorang dihadapkan pada suatu keadaan yang menuntut dia untuk berpikir cepat, sedang dia terbiasa untuk melakukan sesuatu dengan santai dan tidak diburu waktu. Seketika itu, ketika dia berpikir dengan akalnya, dia akan mengambil sikap yang berbeda dengan biasanya, dia akan memaksa dirinya untuk bersikap lebih cepat dari biasanya, lebih bertindak efisien dan berpikir cerdik serta cerdas. Perilakunya bisa jadi dia ubah atau tidak, misal, perilaku yang biasa dia lakukan adalah menguk kopi dan menyanyi atau bahkan berbicara ketika menegerjakan sesuatu. Jika menurutnya perilakunya tidak membawa atau menghambat perubahan sikap yang harus dia ambil, dia tidak akan merubah perilakunya, namun seketika dia melrasakan bahwa perilakunya ada yang menghambat dia akan meminimalisir perilaku yang kurang cocok dengan perubahan sikap yang sedang dia ambil. Maka dari itu, hasilnya dia bisa menjawab tantangan, sikapnya menjadi lebih baik (selagi ia pertahankan alih-alih ada keadaan seperti itu lagi didepan) dan perilakunya tidak harus dia rubah (jika tidak mengganggu). Akhirnya ia mendapat benefit tanpa harus menjadi orang lain bukan?

Aplikasi diri:
- Sikap yang harus diambil  bertindak senetral mungkin ketika berhadapan dengan situasi baru, bertindak dengan cerdas dan berpikir, bertindak dengan efisien dan maksimal, bertindak sebagai yang dibutuhkan bukan hanya membutuhkan.
- Perilaku yang harus dipertahankan  cheerful, easy going (santai yang netral bukan malas), adaptable, listening.
- Perilaku yang harus dihindari  menyela pembicaraan orang lain, menganggap orang lain tidak lebih baik, berpikir dan berprasangka tidak baik, tempered, menggebu tanpa maksud dan tujuan.

(SA)

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
i am simple kinda woman who is searching any knowledge that will lead me to be a better man.

it counts you

web counter